Sabtu, 20 Juni 2015

Artikel Manusia dan Penderitaan



ARTIKEL MANUSIA DAN PENDERITAAN

PENDERITAAN
Pengertian penderitaan adalah menahan atau menanggung sesuatu yang bisa disebut juga sebagai hal yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin, atau lahir batin. Penderitan termasuk realiitas dunia dan manusia.

SIKSAAN
Di dalam kitab suci diterangkan jenis dan ancaman siksaan yang dialami manusia di akhirat nanti, yaitu siksaan bagi orang-orang musyrik, syirik, dengki, memfitnah, mencuri, makan harta anak yatin dan sebagainya. Jadi, siksaan itu dapat disebut sebagai sebuah penderitaan. Siksaan yang sifatnya psikis misalnya kebimbangan, kesepian dan ketakutan.

KEKALUTAN MENTAL
Kekalutan mental yaitu penderitaan batin yang biasa disebut dalam ilmu psikologi. Secara lebih sederhana, kekalutan mental juga dapat dirumuskan sebagai gangguan kejiawan akibat ketidakmampuan seseorang dalam menghadapi persoalan yang mereka hadapi sehingga yang bersangkutan bertingkah secara kurang wajar.
Tahap-tahap gangguan kejiwaan
1.      Gangguan kejiwaan nampak pada gejala-gejala kehidupan si penderita bisa jasmana maupun rokhani
2.      Usaha mempertahankan diri dengan cara negatif
3.      Kekalutan merupakan titik patah dan yang bersangkutan mengalam gangguan

Sebab-sebab timbulnya kekalutan
1.      Kepribadian yang lemah akibat kondisi jasmani atau mental yang kurang sempurna
2.      Terjadinya konflik sosial budya
3.      Cara pematangan batin yang salah dengan memberikan reaksi yang berlebihan terhadap kehidupan sosial


Proses – Proses Kekalutan Mental
Proses kekalutan mental biasanya dialami seseorang yang mendorongnya kearah positif dan negatif. Positifnya, trauma jiwa yang dialami dijawab dengan baik sebagai usaha agar tetap survey dalam hidup, misalnya melakukan sholat tahaju setelah menimpa musibah. Negatifnya, trauma yang dialami diperlarutkan sehingga yang bersangkutan  mengalami fustasi, yaitu tekanan batin akibat tidak tercapainya sesuatu dengan apa yang diinginkannya.

Sebab – Sebab Timbulnya Penderitaan
·         Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia.
·         Penderitaan yang menimpa manusia karena perbuatan buruk manusia seperti yang dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitamya.

Pengaruh yang Akan Terjadi Apabila Orang Mengalami Penderitaan
Orang yang mengalami penderitaan mungkin akan memperoleh pengaruh bermacam-macam dan sikap dalam dirinya. Sikap yang timbul kebanyakan dapat berupa sikap negatif.
Contohnya adalah penyesalan karena tidak bahagia, sikap kecewa, dan putus asa.





Penderitaan Rakyat Indonesia Pada Masa Jaman Penjajahan Jepang

          Jepang adalah salah satu Negara yang pernah menjajah Indonesia selama 3 setengah tahun. Jepang datang ke Indonesia pada tahun 1942. Rakyat Indonesia tersiksa lahir maupun bathin pada saat penjajahan Jepang.

      Dimasa penjajahan itu, rakyat Indonesia bekerja dengan dipaksa. Tenaga rakyat Indonesia selalu diperas untuk bekerja dan terus bekerja. Tenaga yang diperas itu tidak diimbangi dengan apa yang mereka dapatkan. Dalam mencari beras, rakyat Indonesia pun merasa kesulitan. Padahal merekalah yang selalu bertani pada penjajahan jepang tersebut.
Jepang adalah Negara yang sangat Licik dan Picik, banyak rakyat Indonesia yang kelaparan dan kekurangan vitamin B, sehingga banyak rakyat Indonesia yang menderita penyakit Beri-Beri (Bintik-Bintik Merah Disekitar Tubuh).
       Dalam sistem Tanam paksa ini, rakyat Indonesia harus mengolah pertanian, namun setelah hasil pertanian itu diberikan kepada Jepang, Jepang tetap memaksa Indonesia yang mengolah pertanian itu untuk membayar pajaknya.
      Sungguh sangat tega Bangsa Jepang, membiarkan rakyat Indonesia memakai baju yang terbuat dari Karung Goni. Bukankah kita pun tau didalam Karung Goni itu terdapat banyak sekali binatang-binatang kecil, atau yang seringkali kita sebut dengan KUTU??? Dan karena memakai baju yang terbuat dari Karung Goni itulah, sehingga banyak sekali rakyat Indonesia yang terkena Penyakit Kulit.
Bahkan, anak seusia kita, remaja yang masih belajar disekolah harus tetap mengikuti SISTEM TANAM PAKSA…!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar