Senin, 07 November 2016

Pengantar Teknologi Sistem Cerdas


PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM CERDAS
SOFTSKILL
Dosen : Jalinas

  



  
Disusun Oleh :

Rachma Putri Widhowati
18114674
3KA21


Sistem Informasi

Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi



    PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
Kecerdasan buatan (AI) adalah cabang dari ilmu komputer yang bertujuan untuk membuat mesin cerdas. Hal ini telah menjadi bagian penting dari industri teknologi.Penelitian terkait dengan kecerdasan buatan sangat teknis dan khusus. Sistem cerdas adalaha gabungan dari Expert System dan Decision Support System, secara teknis sistem pakar mencakup kedua hal tersebut. Masalah inti kecerdasan buatan termasuk komputer pemrograman untuk sifat-sifat tertentu seperti :
·         Pengetahuan
·         Pemikiran
·         Pemecahan masalah
·         Persepsi
·         Pengetahuan
·         Perencanaan
·         Pengenalan suara
Kemampuan untuk memanipulasi dan memindahkan objek rekayasa pengetahuan adalah bagian inti dari penelitian AI. Mesin sering dapat bertindak dan bereaksi seperti manusia hanya jika mereka memiliki informasi berlimpah yang berkaitan dengan dunia. kecerdasan buatan harus memiliki akses ke obyek, kategori, sifat dan hubungan antara semua dari mereka untuk menerapkan pengetahuan teknik. Memulai akal sehat, penalaran dan daya pemecahan masalah di mesin adalah pendekatan sulit dan membosankan.

      MACAM-MACAM BIDANG YANG MENGGUNAKAN KECERDASAN BUATAN
      1.      SISTEM CERDAS BERBASIS PENGETAHUAN (EXPERT SYSTEM)
Sistem cerdas berbasis pengetahuan adalah sistem yang memiliki kemampuan menyerap kepakaran seorang ahli. Sistem ini memiliki sebuah blok utama berupa basis pengetahuan yang berisi informasi kepakaran. Informasi kepakaran dijabarkan algoritma cerdas, dan komponen prakondisi isyarat yang mengatur kerja sensor-sensor. Algoritma cerdas inilah yang memutuskan aksi-aksi yang tepat untuk setiap keadaan/status sistem.
Contoh kepakaran yang bisa disimpan oleh sistem ini antara lain adalah kepakaran untuk menghindari rintangan-rintangan, kepakaran untuk menginjeksi pupuk dengan takaran yang tepaT, memisahkan obyek-obyek sesuai dengan klasifikasi tertentu, atau kepakaran untuk mengenal dengan baik kondisi obyek hasil pertanian yang hendak dipanen. Kepakaran ini tentunya harus didukung oleh sensor dengan presisi yang memadai.

2.      SISTEM LOGIKA SAMAR (FUZZY LOGIC SYSTEM)
Sistem logika samar adalah sistem yang mengadopsi strategi kendali dengan logika inferensi samar. Logika inferensi (penyimpulan) samar ini mengolah data-data eksternal dengan menggunakan fungsi-fungsi keangotaaan yang bersifat samar.
Sistem logika samar secara luas telah digunakan dalam aplikasi mekatronika dalam bidang pertanian seperti untuk mendeteksi kadar nitrogen hasil bumi menggunakan sensor multi-spectral. Selain itu sistem ini secara efektif juga bisa digunakan untuk mengendalikan robot bergerak.
Sistem SLS terdiri dari beberapa komponen di antaranya blok Membership Function (NB, NS, Z, PS, PB), blok fungsi minimum (Min1, s.d. Min 25), blok fungsi maksimum (MAX), blok pengali (Mult), penjumlah (ADDER), dan pembagi (DIV). Blok-blok tersebut secara fungsional bekerja dengan cara mengeksekusi aturan-aturan inferensi yang telah ditetapkan hingga menghasilkan keluaran keputusan kendali.


   3.     SISTEM BERBASIS JARINGAN SYARAF TIRUAN  (ARTIFICIAL NEURAL NETWORK)
Jaringan syaraf tiruan terinspirasi dari sistem pengorganisasian otak manusia yang terdiri dari beratus milyar sel syaraf dengan tipe yang bervariasi. Neuron adalah sel syaraf khusus yang menghantarkan isyarat elektris. Sekitar 10% dari keseluruhan sel adalah neuron, atau ada sekitar 10 milyar neuron di dalam otak manusia. Setiap neuron berinteraksi dengan neuron yang lain melalui kontak yang disebut sinapsis. Rata-rata setiap neuron menerima isyarat dari sekian ribu sinapsis. Jadi otak dibangun dari jaringan neuron dalam jumlah sangat besar.
Perbesaran dari jaringan memperlihatkan dua buah neuron yang dihubungkan oleh sebuah sinaptik. Neuron melakukan dua buah operasi yaitu operasi penjumlahan isyarat-isyarat sinaptik terboboti dan operasi aktivasi non-linear. Sinaptik mengirimkan isyarat dari satu neuron ke neuron berikutnya dengan bobot sebesar wij yang dapat diatur melalui prosedur pelatihan.
Sistem JST telah sukses diimplementasikan ke dalam mikroprosesor untuk aplikasi teknologi pertanian dengan pemupukan presisi tinggi. JST juga telah sebagai sistem penghematan pengguanaan energi pada stasium pompa hidrolik. JST terdiri dari sejumlah besar sel syaraf (neuron) dengan interkoneksi yang sinaptik yang sangat besar pula.


   CONTOH TEKNOLOGI SISTEM CERDAS


APPLE SIRI

Siri adalah asisten pribadi virtual yang berada di dalam ponsel atau perangkat apple. Dia dapat dimanfaatkan untuk melakukan beberapa tugas yang akan membantu setiap pengguna menyelesaikan keperluannya. Siri dapat berkomunikasi dengan pengguna layaknya manusia biasa. Tidak ada aturan khusus dalam memerintahnya. Katakan saja apa yang kamu mau dan siri akan mengerti. Dalam perkembangannya siri sangat cerdas.



Siri lahir sudah cerdas, jadi tidak ada yang perlu di ajarkan kepadanya. Namun dia perlu mengetahui siapa tuannya. Kamu pemilik device apple harus memperkenalkan siapa kamu ke siri agar siri mengetahui bagaimana dia harus menyesuaikan berbagai hal tentang diri kamu.
Meski terlihat pintar namun siri tidak bisa bekerja tanpa sambungan internet. Jadi siri memerlukan sambungan internet untuk berhubungan dengan server siri. Selain itu dengan sambungan internet juga digunakan siri untuk mencari informasi yang kamu tanyakan.
Siri tersedia di semua device apple dan untuk iPhone kecuali iPhone 4. Semua device yang support siri adalah sebagai berikut:
·         iPhone 4s atau versi lebih baru
·         iPad generasi ke-3 atau versi lebih baru
·         iPad mini
·         iPod touch generasi ke-5 atau versi lebih baru


Cara Menggunakan Siri :
Ø  Aktifkan Siri
Sebelum menggunakan Siri, kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Yaitu dengan cara : Buka Pengaturan > Umum > Siri dan pastikan Siri telah aktif. Anda memerlukan sambungan Internet melalui Wi-Fi atau data seluler.
Ø  Menggunakan tombol Utama
Tekan terus tombol Utama hingga Siri bertanya, "What can I help you with?" (Apa yang dapat saya bantu?) Setelah itu, ucapkan yang Anda perlukan.
Ø  Mengucapkan, "Hey Siri"
Sambungkan perangkat ke catu daya, lalu ucapkan, "Hey Siri". Setelah itu, ajukan pertanyaan. 



·         Input :
Input dari penggunaan perangkat bawaan ios Siri yaitu kita dapat bertanya kepada Siri untuk menemukan arah, menjawab pertanyaan, mengirim pesan, dan lainnya.

·         Proses :
Siri akan melakukan proses secara cepat setelah kita berbicara atau bertanya kepadanya. Tetapi Siri membutuhkan koneksi internet atau Wi-Fi untuk melakukan proses.

·         Output :
Output yang dihasilkan Siri adalah jawaban dari pertanyaan yang kita ajukan kepada Siri. Seperti contoh di bawah ini, saya meminta Siri untuk menemukan dan memutar lagu dari Ariana Grande. Siri mendengar dan langsung memprosesnya. Hingga akhirnya muncul pemutar musik dan secara otomatis lagu dari Ariana Grande mulai.


Apple Siri memakai pemahaman ucapan/suara (Speech/Voice Understanding).  Adalah teknik agar komputer dapat mengenali dan memahami bahasa ucapan. Proses ini mengijinkan seseorang berkomunikasi dengan komputer dengan cara berbicara kepadanya.
Istilah pengenalan suara, mengandung arti bahwa tujuan utamanya adalah mengenali kata yang diucapkan tanpa harus tahu apa artinya, dimana bagian itu merupakan tugas pemahaman suara. Secara umum prosesnya adalah usaha untuk menterjemahkan apa yang diucapkan oleh seorang manusia menjadi kata-kata atau kalimat yang dimengerti oleh komputer.



FINGERPRINT XIAOMI

Saat ini kecanggihan teknologi pada sebuah smartphone semakin banyak jenisnya. Salah satunya adalah fitur canggih fingerprint sensor. Sensor Fingerprint menjadi teknologi keamanan yg paling banyak di gunakan pada smartphone berbasis android saat ini. Pasalnya, sensor fingerprint di nilai lebih aman dari fitur security lain, misal nya PIN dan pola atau pattern yg sudah cukup jadul.
Ponsel yang cukup konsisten dalam menghadirkan fitur canggih fingerprint adalah Xiaomi. Hal ini dapat dilihat pada beberapa smartphone Xiaomi yang dalam beberapa waktu belakangan ini selalu menghadirkan smartphone dengan fitur fingerprint sensor. Smartphone xiaomi yg memiliki sensor finger print saat ini yakni Xiaomi Redmi 3s, Redmi 3x, Redmi 3s Prime, Redmi Note 3, Redmi 3 Pro, Redmi Note 3 Pro, Mi4s, MiMax, dan Mi5.

 

Letak sensor fingerprint pada hp xiaomi contohnya pada Xiaomi Redmi 3 Pro terletak pada bagian bawah kamera seperti gambar di atas. Untuk menggunakan fingerprint sebaiknya menggunakan jari telunjuk atau jari tengah karena akan lebih mudah di bandingkan jari lainnya.
Penerapan system cerdas pada fingerprint yang terdapat pada hp Xiaomi yaitu termasuk dalam Jaringan Syaraf Tiruan (Artificial Neural Network). JST atau ANN merupakan konsep bagaimana otak manusia bekerja, dimana otak manusia terdiri atas sel saraf yang network. Network atau jaringan ini dirumuskan menjadi sebuah persamaan matematis sehingga dapat diaplikasikan pada prosesor.






Teknik identifikasi konvensional untuk mengenali identitas seseorang dengan menggunakan password atau kartu tidak cukup handal, karena sistem keamanan dapat ditembus ketika password dan kartu tersebut digunakan oleh pengguna yang tidak berwenang. Sistem autentifikasi data menggunakan pola sidik jari (fingerprint) telah terbukti keakuratannya sebagai identifikasi.
  


 ·         Input :
Input dari fingerprint pada hp Xiaomi yaitu sidik jari kita. Karena pada sidik jari terdapat saraf (neuron), dan setiap manusia memiliki sidik jari yang berbeda-beda.

·         Proses :
Hasil pindai dari sidik jari kita akan di proses. Prosesnya yaitu pembacaan saraf-saraf yang terdapat pada sidik jari akan di perluas daerah pemindaiannya. Sehingga sidik jari kita akan terekam dengan baik pada sistem.

·         Output :
Output yang dihasilkan yaitu, sidik jari kita terekam pada sistem. Nantinya sidik jari kita bisa secara otomatis digunakan untuk membuka atau mengakses hp kita.




GOOGLE TRANSLATE

Google translate adalah aplikasi yang bisa menerjemahkan bahasa, jadi kita jangan merasa minder atau tidak pede apabila ingin membuat status fb dengan menggunakan bahasa Inggris atau bahasa dari negara lainnya, kemampuan google translate dalam mengartikan atau menerjemahkan bahasa sudah tidak di ragukan lagi tergantung dari cara dan bagaimana kita dalam menyusun bahasa sehingga tidak ada batasan untuk kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja dan berasal dari negara mana teman kita. Sebenarnya sangatlah mudah untuk kita dapat menggunakan google translate namun beberapa dari teman saya masih bingung untuk bisa mneggunakan google translate tersebut, maka dari itu di dalam artikel yang saya buat ini saya akan mencoba untuk menjelaskan tentang bagaimana cara untuk menggunakan google translate yang baik dan benar serta dapat mudah di mengerti oleh lawan bicara kita.
Tahap awal dalam menggunakan gooogle translate secara online adalah klik link https://translate.google.co.id/ setelah itu akan mendapati tampilan cara menggunakan google translate seperti di bawah ini:



Tampilan gambar di atas adalah tampilan gambar yang akan muncul di laptop atau komputer kita dimana apabila kita akan menggunakan atau mentranslate bahasa dari negara yang tidak kita mengerti cukup masukan kita menulis tentang apa yang akan kita bicarakan atau cukup hanya dengan mencopy paste bahasa dari teman kita di kolom yang tersedia seperti gambar di atas, dan untuk megganti bahasa yang kita ingin terjemahkan kita cukup mengklik gambar ujung panah kecil seperti yng terlihat di contoh gambar tampilan di atas dengan tulisan deteksi bahasa.
Selain akses melalui laptop atau komputer, sekarang google translate sudah ada di aplikasi Android dan ios. Kita bisa mengunduhnya pada Play Store atau App Store secara grastis. Karena dibuat berbasis mobile, penggunaan google translate lebih mudah kapanpun dan dimanapun. Ditambah lagi degan tersedianya fitur offline jadi kita tidak perlu terkoneksi internet untuk bisa menggunakan aplikasi mobile google translate. Tetapi sebelumnya kita harus mendownload fitur bahasa terlebih dahulu.


Saat ini juga google translate telah menambahkan fitur terjemahan lewat perangkat kamera yang ada pada mobile anda. Caranya yaitu pertama kita memilih bahasa apa yang akan kita terjemahkan. Setelah itu kita menekan tombol kamera yang tersedia pada aplikasi google translate. Arahkan kamera pada kata atau kalimat yang ingin kita terjemahkan. Nantinya akan terlihat proses terjemahan kata, dan akan muncul output hasil terjemahan.



·         Input :
Input dari aplikasi google translate ini yaitu kita memasukkan kata atau dokumen dan memilih bahasa awal dari kata atau dokumen yang kita input. Bisa juga kita memotret atau men-scan kata yang ada dengan menggunakan kamera yang ada pada perangkat mobile kita.
·         Proses :
Proses dari aplikasi google translate in yaitu kata atau dokumen yan telah kita input tadi akan di terjemahkan kedalam pilihan bahasa awal tadi. Jika menggunakan fitur kamera, nantinya akan terlihat proses saat google translate sedang menterjemahkan bahasa.
·         Ouput :
Output yang dihasilkan dari aplikasi google translate ini adalah nantinya kata atau dokumen tadi sudah berubah atau sudah menjadi terjemahan dari input yang telah di proses.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar